Friday 6 January 2017

Cara Menghemat Kuota Internet

Seiring perkembangan jaman internet sudah menjadi kebutuhan semua manusia, berbagai bidang pekerjaan sangat membutuhkan internet. Seiring dengan perkembangan internet yang pesat, harga yang dibayarkan untuk mengakses internet pun sangatlah tinggi. Pengguna internet jarang yang memiliki akses internet yang unlimited, sebagian besar mereka berlangganan internet yang jumlah pemakaiannya dibatasi alias menggunakan kuota. Maka dari itu kita akan bahas Bagaimana cara menghemat kuota internet?


Berikut tips yang mungkin bisa sobat lakukan untuk menghemat kuota internet:
Cara Menghemat Kuota Internet
1. Memilih Operator dan Jangkuan Wilayahnya
Jika sobat masih bingung mau memakai operator yang mana dan pilihan harganya, sobat bisa melakukan searching dahulu di Internet dan masuk ke website masing-masing operator. Biasanya di dalam websitenya akan tampil semua informasi dari operator tersebut mulai dari harga internet dan produk-produk yang mereka tawarkan. Yang terakhir jangan lupa sobat harus ketahui juga apakah wilayah sobat terjangkau oleh operator yang bersangkutan. Untuk melihat jangkaun operator biasanya tersedia juga di websitenya.

2. Kenali kebutuhan untuk internet
Membeli kuota yang seharga 50.000 - 100.000 yang memberikan akses bergiga-giga jangan sampai terbuang sia-sia akibat masa pemakaian sudah habis. Maka dari itu, kenali perilaku dan keperluan sobat di internet dengan begitu sobat bisa alokasikan berapa giga keperluannya dalam jangka waktu tertentu misalkan satu bulan.

3. Gunakan Fasilitas Umum atau Wifi Corner
Bagi sobat yang masih kuliah atau sudah bekerja pasti dong di tempat bekerja dan kuliah ada akses internetnya? nah, sobat bisa manfaatkan itu untuk akses internet sepuasnya. Carilah informasi yang sekiranya sobat perlukan saat mendapat akses internet gratis, secara tidak langsung sobat sudah menghemat penggunaan kuota internet sobat. Jika hanya PC sobat saja yang mendapatkan akses internet sobat bisa mengakalinya dengan membuat hotspot sendiri dengan begitu perangkat yang lainnya juga mendapat akses internet gratis.

Baca Juga : Windows Tips : Cara membuat hotspot di windows 7/8/10

4. Matikan Aplikasi yang tidak perlu
Aplikasi akan tetap mengakses internet walaupun gadget sobat dalam keadaan sedang tidak digunakan. Kok begitu? dalam perangkat mobile dikenal dengan background process, aplikasi berjalan dibelakang. Contohnya aplikasi Facebook, saat sobat keluar dari aplikasinya kan kita masih dapat pemberitahuan hal tersebut berjalan tanpa sobat ketahui dan juga memotong kuota sobat. Berlaku juga untu aplikasi lainnya misalkan line, bbm dan aplikasi sosmed lainnya. Sobat bisa masuk ke pengaturan kemudian pilih aplikasi lalu matikan background process yang sekiranya sobat tidak perlukan secara update informasinya.

5. Pilih kouta malam sebagai tambahan
Kuota yang hanya dapat diakses pada malam hari biasanya memiliki harga yang lebih murah dan akses yang lebih besar. Maka dari itu, saya sendiri sarankan sobat membeli kuota internet yang juga memberi akses internet malam, contohnya kuota internet dari smartfren yang memberi akses internet 4G sebesar 12GB dari jam 2 pagi sampai jam 8. Sobat bisa memanfaatkan internet malam ini untuk download file yang ukurannya besar dan streaming video. Dengan begitu kita bisa menghemat internet utama supaya cukup digunakan sampai batas tanggal peggunaannya.

6. Akses Sosial Media Seperlunya
Banyak yang kecanduan dengan sosial media, sampai-sampai tidak terasa kuota internet habis hanya untuk hal itu. Jadi gunakanlah sosial media dengan bijak jangan online setiap saat hanya untuk melihat update status teman, pacar ataupun mantan. Tetap kehidupan nyata sobat lebih penting.

Baca Juga : Cara menghasilkan uang dengan smartphone

7. Matikan auto update aplikasi
Ini yang orang awam jarang ketahui, kuota habis tidak terasa karena aplikasi selalu up to date apalagi sampai kuota internet sobat dipakai untuk update sistem operasi. Wah bisa nangis kuota bulanannya habis seketika. Maka dari itu sobat bisa matikan auto update dan update jika sudah di area internet gratis.

8. Jangan unduh aplikasi secara illegal
Aplikasi illegal bisa saja disusupi malware sehingga bisa mendownload hal-hal yang membahyakan data kita. Jangan download aplikasi yang tidak jelas sumbernya, download hanya disitus pembuatnya dan pada mobile download di (playstore dan appstore).