Sunday 13 November 2016

Android Studio : Firebase Notifikasi ke Aplikasi

Selamat pagi semua, pada kali ini saya akan share tentang salah satu fitur firebase yaitu firebase notification. Bagi kalian yang belum tahu apa itu Firebase silakan baca disini. Fitur ini sangat berguna buat kita yang ingin memberi notikasi ke semua user aplikasi yang kita buat maupun aplikasi yang kita buat itu memerlukan notifikasi anta user.

Pada tutorial ini, saya hanya share penggunaan firebase notification untuk first time atau hanya untuk perkenalan saja. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pada tutorial ini, saya menggunakan android studio v. 2.2.2 dimana tools firebasenya sudah include dalam aplikasi.
1# Silakan buka android studio, pilih template empty/blank activity. Beri nama aplikasi karena ini akan menjadi nama project firebase nantinya. Pada tutorial ini saya menggunakan nama aplikasi "Firebase"

2# Login akun gmail kalian di android studio agar bisa akses website firebase dengan akun yang di masukkan di android studio.

3# Jika login sudah berhasil, pada menu android studio klik tools->firebase, tampilannya akan seperti ini.
Langkah-langkah menggunakan fitur firebase notifications

pada bagian samping sudah ditampilkan fitur-fitur apa saja yang disediakan oleh firebase. Silakan klik fitur Notifications. Maka akan muncul seperti di bawah ini
Langkah-langkah menggunakan fitur firebase notifications

ikuti step 1 sampai 3, pertama koneksikan firebase ke app kemudian klik Add Notifications to your app.

4# sampai disini kalian sudah berhasil menambahkan firebase ke aplikasi kalian. Untuk memastikan lagi silakan cek AndroidManifest apakah sudah ada permissions internetnya. Jika sudah silakan kalian run aplikasinya di emulator atau di gadget langsung.

5# Langkah selanjutnya kita akan kirim notifikasi ke aplikasi dari web firebase. Silakan masuk ke web console firebase bisa Klik disini, silakan login dengan akun gmail yang sama dengan yang di Android Studio.

6# Jika berhasil login, maka nama project kalian akan tampil di web console firebase.
Langkah-langkah menggunakan fitur firebase notifications

7# silakan klik project yang di web console maka tampilannya akan seperti di bawah ini.
Langkah-langkah menggunakan fitur firebase notifications

8# Setelah itu, maka akan masuk ke panel notifikasi. Silakan kalian isi pesan, label kemudian target aplikasi yang akan kalian kirimkan notifikasi.

Jika notifikasi tidak masuk, silakan kalian check kembali mungkin masih ada yang salah. Tutorial di atas saya buat berdasarkan apa yang sudah saya buat dan itu work 100%. Bagi kalian yang menggunakan Android Studio yang lama silakan tambahkan manual di build.gradle defendecies firebase notifications.

Screenshoot work di HH ane.
Langkah-langkah menggunakan fitur firebase notifications 

Thanks sudah berkunjung di blog ini, semoga tutorialnya bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa baca juga tutorial yang lainnya. Inget like, komen dan share jika kalian merasa tutorialnya bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya: