Saturday 19 November 2016

Windows Tips: Hal yang harus di ketahui pengguna windows


Sebagian besar orang yang baru mengenal komputer sudah pasti menggunakan sistem operasi windows, bahkan setiap orang familiar dengan sistem operasi yang satu ini. Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi windows berikut hal-hal yang mesti kalian ketahui.

1# Mengatasi booting yang lambat
Kebanyakan aplikasi yang run saat startup akan membuat windows lambat saat booting. Selain menguninstall aplikasi tersebut, kalian juga bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu penting atau tidak perlu run saat start up di melalui Task Manager. Untuk membuka task manager kalian bisa menekan kombinasi Alt + Ctrl + Del kemudian pilih startup. Silahkan kalian disable aplikasi yang tidak penting tersebut.

2# Cek Koneksi Internet
Kita dapat mengecek apakah koneksi yang kita dapat bagus atau tidak dengan menggunakan comand prompt. Untuk mengakses comand prompt/cmd klik logo windows kemudian ketikkan cmd. Untuk mengetahui kecepatan aplikasi kita silahkan ketik ping google.com, untuk mengetahui secara terus menerus ketik ping google.com -t.
Cara ping ke google

cara ini sangat penting bagi kalian yang suka download file yang ukurannya besar saat keterangannya RTO (Request Time Out) kalian bisa pause dahulu downloadnya kemudian kalau koneksinya sudah stabil kalian bisa resume lagi. Time menunjukan cepat lambatnya koneksi kalian, semakin kecil nilainya maka semakin cepat koneksinya.

3# Konek ke Projector
Sebagai seorang mahasiswa tentu hal ini wajib kita ketahui, karena saat maju persentasi kita akan dihadapkan dengan situasi yang berbeda jadi hal yang kecil ini wajib di ketahui. Jangan sampai materi yang tidak ingin kalian tampilkan terlihat di projector. Untuk menampilkan opsi saat kalian koneksi ke projector silahkan tekan kombinasi windows+ p.
konek Ke projector- PC Screen only : kalian pilih saat tidak mau terhubung dengan projector.
-Duplicate : Opsi ini bisa kalian pilih jika kalian ingin menampilkan tampilan yang sama antara di screen laptop dan projector.
- Extend : ini merupakan opsi yang paling sering saya gunakan karena kita bisa menampilkan screen yang berbeda antara layar laptop dan projector. Yang tampil di projector presentasinya dan materi lengkapnya saya taruh di layar laptop. Gunanya saat lupa materi supaya bisa nyontek di layar laptop.
- Second Screen Only : Fitur ini digunakan kalau sedang nonton bareng sama teman-teman supaya hemat baterai laptop jadi tampilannya hanya ditampilkan menggunakan projector saja.

4# Mengatasi aplikasi yang not responding
Saat sedang asik bekerja atau main game tiba-tiba aplikasi not responding dan tidak bisa di close gimana perasaan agan? Sebagian orang mematikkan secara paksa PCnya. Sebenarnya ada cara yang relatif mudah yaitu dengan membuka task manager. Tekan Alt + Control + Delete lalu pilih task manager kemudian kalian matikan paksa aplikasi yang tidak merespon tersebut.

5# Optimize Drives (Disk Defrag)
Ini berfungsi untuk menganalisa keadaan harddisk, sangat disarankan untuk melakukan disk defrag secara rutin untuk mencegah terjadinya kumpulan file error yang menyebabkan harddisk bekerja lebih berat dari seharusnya. Untuk masuk ke aplikasi ini silahkan klik logo windows kemudian search Optimize Drives

6# Sticky Notes
Bagi kalian yang mempunyai jadwal atau jam terbang yang padat aplikasi bawaan windows ini patut kalian coba untuk meringankan beban otak kita untuk mengingat hal yang penting. Saya menggunakan Sticky Notes untuk mencatat orderan dan tugas-tugas beserta tanggal deadlinenya. Jadi setiap menghidupkan laptop maka Sticky Notes ini akan langsung terpampang di layar laptop.

Sekian artikelnya, semoga bisa membantu kalian yang baru menggunakan sistem operasi windows. Jika kalian merasa artikelnya bermanfaat silahkan share dan jangan lupa di bookmark. hehehe

Jangan lupa, baca juga artikel lainnya:
  1. Windows Tips: Penyebab Not Responding dan Cara Mengatasinya
  2. Windows Tips : Hal yang harus dipersiapkan sebelum install ulang
  3. Hardware Stuff: Kenali gejala kerusakan pada laptop atau komputer
  4. Google Document work everywhere and Everytime