Wednesday 2 November 2016

Android Studio : Mengganti Icon Aplikasi yang akan dibuat

Selamat pagi, sambil mendengar dosen menjelaskan materi. Kita akan belajar yang ringan-ringan saja namun menurut saya cukup penting untuk estetika aplikasi kita.
Pada kesempatan ini saya akan share tentang cara mengganti icon pada aplikasi yang kita buat di Android Studio yang kemudian kita compile ke android. 

Langsung saja, di bawah ini caranya:
1# Pada project kita klik kanan pada app -> new ->Image Asset.
Cara membuat Icon Aplikasi Android

2# Kita akan masuk di Configure Image Asset, silakan kalian sesuaikan mau memakai image, clipart, atau text.
Cara membuat Icon Aplikasi Android

3# Berikut contoh yang saya buat, saya lebih suka memakai text. Karena kalau memakai gambar agak susah menyesuaikan resolusinya. Itu terserah kalian semua, masalah desain lebih ke selera masing-masing.
Cara membuat Icon Aplikasi Android

4# Setelah selesai membuat icon silahkan klik next, kemudian finish.
Cara membuat Icon Aplikasi Android

5# Untuk melihat perubahannya, silakan kalian uninstall dahulu aplikasinya kemudian debug ulang. Di bawah ini saya capture contohnya.
Cara membuat Icon Aplikasi Android

Sekian tutorialnya, karena tidak bisa share yang tutorial kompleks karena banyak tudgas kampus yang menunggu untuk selanjutnya saya akan bahas mengenai fragment pada android dan penggunaanya. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, jika ada kesalahan pada tutorialnya silakan kalian tambahkan di kolom komentar.

Jangan lupa, baca juga artikel lainnya: