Friday 11 November 2016

Firebase : Backend Service untuk lintas platform (Android, iOS dan WEB)

source : https://firebase.googleblog.com/2016_08_01_archive.html
Firebase merupakan program mobile dan web aplikasi yang berisi alat dan infrakstruktur yang di desain untuk membantu para developer membangun aplikasi yang memiliki kualitas dan nilai yang tinggi. Firebase dibangun untuk developer agar bisa membuat aplikasi yang bagus sesuai dengan kebutuhan developer itu sendiri. Firebase itu sendiri ditemukan atau mulai di kerjakan pada tahun 2011 oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Team Firebase sekarang berada di San Francisco and Mountain View, California. Lebih akrabnya Firebase itu menyediakan backend service untuk aplikasi mobile dan web yang kita buat.

Sejauh ini fitur apa saja yang disediakan developer untuk melengkapi kebutuhan para developer? Kita akan bahas bersama-sama disini:
1# Fitur Firebase Cloaud Messaging (FCM)
Dulunya diketahui sebagai Google Cloud Messaging (GCM), FCM merupakan solusi yang di bangun untuk realtime messages (Seperti BBM, LINE, WA dll.) dan notifikasi yang mendukung lintas platform seperti aplikasi Android, iOS dan aplikasi WEB, yang mana sekarang ini dapat di gunakan secara gratis. Fitur ini sangat cocok buat kita para developer yang ingin membangun sebuah aplikasi yang berisikan realtime messages.

2# Fitur Firebase Auth
Firebase auth merupakan yang dapat mengautentifikasi user hanya menggunakan client-side code, dalam artian developer tidak membuat code lagi di server untuk autentifikasi. Client-side hanya di eksekusi di dalam aplikasi tidak di server. Firbase auth juga mendukung untuk Facebook, Github, Twitter dan Google. Fitur tambahan lainnya Firebase auth sudah menyediakan user manajemen yang memudahkan para developer untuk memberi akses akun user dan password yang tersedia di database.

3# Fitur Realtime Database
Firebase menyediakan fitur realtime dan backend as a service. Layanan tersebut memberikan API untuk developer aplikasi agar diijinkan mensikronisasikan data user yang tersimpan dalam database dari berbagai platform (Android, iOS, WEB). Logikanya kita dapat menggunakan satu database untuk banyak aplikasi dimana dalam aplikasi tersebut kita hanya perlu mendapakan API yang sama.

4# Fitur Firebase Storage
Firebase Storage ini menyediakan fitur Ulpoad dan Download file, menjamin keamanan file dalam berbagai kualitas jaringan internet kalian.Terus ini bisa untuk file apa saja?. Para developer dapat menyimpan photo, audio, video dan konten lainya yang sudah dihasilkan dari aplikasi.

5# Fitur Firebase Hosting
Firebase Hosting merupakan web hosting service yang hanya mendukung web statis yang di luncurkan pada tanggal 13 Mei 2013. File statis yang di dukung seperti HTML, CSS, JavaScript dan file lainnya yang tidak bersifat dinamis.