Wednesday 9 November 2016

Android Tips : Bahaya Aplikasi Mod

Bahaya Aplikasi MODAndroid yang terkenal dengan Open Source membuat semua orang bebas berkreasi dengan android termasuk dalam memodif aplikasinya. Pada smartphone yang berbasis Android kita dapat mendownload aplikasi secara resmi di Play Store. Namun, banyak orang yang berkreasi untuk memodif aplikasi tersebut agar tampilannya berbeda dan lebih enak di pandang.

Ok selamat pagi, sekian prolognya hehe
Sebelumnya saya terinspirasi menulis artikel ini karena saya melihat di komunitas, grup facebook dan di google banyak sekali aplikasi yang yang ada MODnya (Modifikasi), mulai dari aplikasi sosmed, chatting bahkan aplikasi bawaan diganti dengan aplikasi mod.

Meski terlihat tidak berbahaya, namun sebenarnya aplikasi yang telah di modifikasi tersebut sangat rentan sekali bahkan bisa merusak hardware kalian. Apa penyebabnya? mari kita bahas bersama-sama.
  1. Aplikasi yang  di MOD merusak source asli dari aplikasi yang originalnya, ini akan menyebabkan jalur data bisa berubah sehingga keamanan data kalian dipertanyakan. Bagaimana kalau pihak yang membuat aplikasi MOD tersebut mencuri data kalian? sangat bahaya bukan?
  2. Aplikasi yang masuk di Google Play Store merupakan aplikasi yang telah di filter secara ketat oleh google agar aplikasi tersebut benar-benar aman untuk system dan hardware user. Aplikasi yang di modif tersebut bisa saja menyusupkan malware sehingga bisa masuk ke system kalian dan membuat system usang. Alhasil, kalian harus meninstall ulang smartphone kalian.
  3. Jika aplikasi itu di mod, terdapat 2 kemungkinan yaitu aplikasi menjadi lebih ringan dan aplikasi menjadi lebih berat sehingga membuat smartphone kita menjadi lambat. Ini mengganggu kestabilan perangkat kita membuat memori, processor bekerja lebih berat sehingga perangkat lebih boros baterai.
  4. Yang membuat aplikasi mod menyusupkan iklan, nah ini yang paling saya tidak suka pengalaman mau mereset HH yang disusupi malware iklan. Soft reset tidak mempan karena malware sudah masuk ke sistem. Karena soft reset tidak berhasil saya memutuskan untuk hard reset dan ini sangat berbahaya bisa membuat smartphone kita Hardbrick.
Sekian yang bisa saya bagi, sebenarnya aplikasi yang ada di playstore adalah aplikasi yang sudah tervirifikasi oleh google dan sudah aman buat kita. Untuk mendapatkan fitur lebih cobalah membeli aplikasi yang berbayar. Jangan coba-coba menggunakan aplikasi yang ilegal.

Baca juga artikel lainnya: