Tuesday 4 October 2016

Belajar CodeIgniter : Cara menghilangkan index.php pada url Framework CodeIgniter

Selamat siang, pada kesempatan kali ini saya akan share tentang cara menghilangkan index.php di url saat kamu menggunakan framework CodeIgniter.
Berawal dari belajar framework CodeIgniter saya mendapat banyak masalah pada redirect page yang saya buat, akhirnya saya menemukan masalahnya pada url saya masih ada index.php. Selain itu menghilangkan index.php ini juga mempercantik url kita. Ok, langsung saja akan saya share tutorialnya:

  • Buatlah file bernama .htaccess di root folder dimana file CInya berada. Contohnya pada folder saya seperti dibawah ini:
tempat direktori htaccess codeigniter
  • Kalian bisa gunakan text editor apapun, dalam filenya kalian isi sintaks seperti ini:

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
</IfModule>


silakan kalian save.


  • Silakan kalian ubah confignya, yang berada pada folder application->config->config.php pada $config['index_page'] hapus index.phpnya.

Jika kalian belum mengerti, dibawah ini saya sertakan file .htaccess yang saya buat.


Download      Download    Download
Baca artikel lainnya:
Tutorial Basic CRUD dengan Framework PHP CodeIgniter
Menghasilkan Uang (Pulsa) di Ponsel Android dengan Aplikasi CashTree
Project UAS Point of Sales (Transaksi) dengan native PHP