Monday 17 October 2016

Windows Tips: Penyebab Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab windows not respondingSelamat sore semua, disela-sela kesibukan mengikuti kegiatan di kampus saya sempatkan untuk menulis artikel baru lagi karena sudah beberapa hari tidak dapat mengupdate blog lagi karena sibuk dikepanitiaan kampus.

Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi windows pasti sering mengalami aplikasi yang not responding. Sebagian orang menyalahkan sistem operasi windows yang terlalu berat, namun semua itu tidaklah benar. Di update windows 10 terbaru, menurut saya Microsoft melakukan sesuatu yang besar terhadap windows 10 itu sendiri.

Baik, disini akan saya paparkan apa sih yang membuat aplikasi sering not responding? simak penjelasan dibawah ini:
  • Menggunakan aplikasi ilegal
  • Ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh setiap user, saya tidak menyalahkan user itu sendiri karena memang harga satu buah aplikasi sangatlah mahal. Sehingga sebagian user menempuh cara ilegal untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut. Tentu ini akan membuat aplikasi menjadi tidak stabil dan mempengaruhi performance sistem operasimu karena program yang kamu sisipkan ke aplikasi tersebut mencoba mengakses semua filemu sehingga memorimu kehabisan. Cara mengatasinya : belilah aplikasi yang original, coba gunakan versi trial untuk aplikasi yang memang digunakan untuk sementara, dan yang terakhir jangan menyisipkan aplikasi (crack) yang memang memakan banyak memori.
  • Menggunakan sistem operasi yang ilegal
  • Bagi sebagian besar masyarakat, tidak memikirkan bahwa secara tidak langsung mereka menggunakan Sistem Operasi yang ilegal. Dan jika terjadi ketidakstabilan pada PC/Komputernya mereka malah menyalahkan vendor pembuat hardware dan pembuat sistem operasi. Agar mendapatkan yang resmi, selain membeli kalian bisa menempuh cara legal yang bertebaran di internet.
  • Hardware yang memang tidak mencukupi untuk kepentingan
  • Sistem yang sering mengalami not responding tidak hanya dipengaruhi oleh sistem operasi faktor terbesar juga berasal dari spesifikasi hardware yang digunakan. Aplikasi yang not responding terjadi karena memori penuh dan membuat sistem operasi berkerja lebih berat sehingga sistem operasi tersebut menyetop kinerja aplikasi agar tidak merusak hardware. Solusinya: Belilah hardware yang sesuai dengan keperluan kalian agar kinerja lebih optimal, jangan memaksakan untuk membuka aplikasi yang memang berat untuk perangkatmu.
Selain beberapa solusi diatas itu, kalian bisa menyesuakan hardware dengan sistem operasi kalian gunakan. Misalkan kalian menggunakan PC yang speknya dibawah core i3 silakan install windows yang 32 bit agar performancenya lebih bagus.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat buat kalian semua. Yang saya tekankan disini adalah aplikasi yang sering not responding itu bukanlah salah dari windows saja, melainkan dari segi hardware dan aplikasi ilegal yang diinstall. 

Baca juga artikel lainnya: