Monday 3 October 2016

Hal yang kamu rasakan jika kamu belajar Programming

Halo, Selamat pagi, pada kesempatan kali ini saya akan share mengenai pengalamat saya waktu pertama belajar pemrograman walaupun sekarang masih belajar sih. Programming merupakan sebuah ilmu yang berfokuskan kepada Rekayasa Perangkat Lunak Komputer. Pada saat pertama kuliah dan saya mengikuti mata kuliah algoritma. Saya sangat bingung, saya ini belajar apa dan buat apa?
Setelah lama mengikuti dan mencari informasi di internet akhirnya saya mengerti dan pada saat ujian pertama nilai saya sangat anjlok karena memang saya enggak tahu apa-apa. Setelah lama belajar berikut hal-hal yang saya rasakan :
  • Laptop atau Komputer menjadi teman yang paling sering menemani hidupmu.
  • Kita akan selalu berhadapan dengan komputer setiap membuat tugas dan pada saat jam kuliah, yang saya rasakan kalau tanpa laptop saya hidup akan terasa hambar. Karena setiap saat berhadapan dengan komputer kamu akan jadi sering trouble dengan komputermu dak hikmahnya kamu bisa memperbaiki komputer dan membantu masalah-masalah komputer temenmu yang tidak pada bidang komputer (Jurusan lain).
  • Koneksi Internet adalah hidupmu.
  • Sedikit lebay memang, akan tetapi ini real yang saya rasakan. Sebagai seorang pemula di dunia programming saya harus terus mencari tahu tentang tugas-tugas perkuliahan dan masalah yang saya hadapi saat mencoba membuat program. Semua memang ada dibuku, kalau saya mencari dibuku maka saya akan kewalahan dan kekurangan waktu. Tapi, saya rekomendasiin kalain untuk sempatin membaca buku jika ada waktu luang.
  • Tidurmu sering terganggu.
  • Saat kamu membuat program dan ternyata programmu itu ada bug, maka kamu akan mentrace sampai bug teratasi. Biasanya kita memperbaiki satu bug bisa berimbas pada codinganmu yang lainnya. Tentu itu akan menguras tenaga dan membuat waktu tidurmu terganggu. Pengalaman saya pernah bergadang selama 4 hari untuk membuat project dan itupun pas dipresentasikan masih ada celah sehingga nilai berkurang.
  • Banyak belajar ilmu lain.
  • Saat kamu mebuat program laporan akuntansi maka otomatis kamu akan mempelajari ilmu akuntansi. Gimana tidak? kalau nggak belajar yah kamu bingung saat membuat program. Walaupun nanti kamu akan konsultasi dengan pihak customer. Dan saat kamu membuat program e-commerce maka ilmu matematikamu harus jalan juga. Untuk yang lain bisa kalian tambahkan sendiri.
  • Menjadi orang yang sabar
  • ya itulah yang terakhir, sebenarnya dalam kondisi apapun kita harus bersabar. Namun dalam mengatasi bug kita menghadapi hal yang sangat sulit apalagi sudah deadline. saya sarankan kalian sabar saja dan banyakin makan.
Mungkin sekian yang bisa saya sharing, mungkin nanti bisa kalian tambahkan juga di kolom komentar. Mungkin terlihat sedikit ribet, tapi kalau kalian tekut menjalaninya dan enjoy dengan apa yang kalian pilih, saya yakin kalian bisa menjadi programmer yang hebat dalam mengatasi masalah-masalah.


Baca Artikel Lainnya :
Tutorial Basic CRUD dengan Framework PHP CodeIgniter
Menghasilkan Uang (Pulsa) di Ponsel Android dengan Aplikasi CashTree
Project UAS Point of Sales (Transaksi) dengan native PHP