Friday 7 October 2016

Android Studio : Menampilkan website atau blog kalian di aplikasi android buatan sendiri

Selamat pagi, sudah lebih 2 hari gak update ni karena sibuk kuliah dan kemarin ada sertifikasi office advance yang lumayan membuat saya pusing. Pada kesempatan kali ini saya akan share cara menampilkan website atau blog pribadi kalian di aplikasi android buatan kalian sendiri. Supaya lebih semangat, ini saya kasi tampilannya dulu seperti apa.
android splashscreenandroid webview


Nah, seperti itulah tampilannya. Bagi kalian yang tertarik di link download bawah ini akan saya sertakan dahulu link downloadnya.


    Download

Silakan kalian download terlebih dahulu dan import projectnya ke Android Studio di PC/Laptop kalian masing-masing.Bagi kalian yang masih awam atau pemula sama seperti saya berikut langkah-langkah untuk  mengcustom project tersebut agar sesuai dengan keinginan kalian.

  1. Mengganti gambar splashscreen : Seperti yang kalian lihan pada screenshoot yang pertama diatas yang menggunakan tulisan Balidev tersebut bisa kalian ganti dengan gambar kalian sendiri, resolusi yang saya sarankan yaitu 800 x 1280 pixel. Buat dalam ekstensi JPG atau PNG buat dengan nama splash. Langkah selanjutnya kalian replace punya saya. Letak foldernya di screenshoot dibawah ini 
    tempat direktori splashscreen
  2. Mengganti nama BALIDEV pada header main aplikasi, coba lihat di screenshoot gambar kedua. Pojok kiri atas terdapat tulisan logo BALIDEV itu bisa kalian ganti tetapi harus masuk ke android studio dan project sudah kalian import.manifest androidganti android:label ="BaliDev" dengan selera kalian. Mungkin sesuai nama blog atau website kalian masing-masing.
  3. Mengganti webview url sesuai dengan url website atau blog kalian. Masuk ke MainActivity.java pada webview.loadUrl ("http://www.example.com"); 
  4. Silakan kalian run project kalian masing-masing ke ponsel android kalian masing-masing.
Sekian tutorial kali ini, untuk update pembuatan webview secara spesifik akan saya update nanti. Nanti juga akan saya buatkan cara untuk mengganti logo aplikasi android yang kalian buat supaya enak terlihat di launcher ponsel kalian. Sekian dan terima kasih, jika ada masalah dengan link atau apapun silakan berbagi disini saya juga pemula di programming walaupun basic saya di programming tapi saya menekuninya baru dari 6 bulan yang lalu, jadi saya share disini adalah project kecil yang sudah pernah saya coba. Untuk link download yang bermasalah bisa kalian tanyakan langsung di Facebook saya dan komen dibawah. Saya sangat menghargai kritik dan saran untuk kemajuan kita bersama. Jika ada kesalahan mohon dikritik langsung dan kasi saran agar bisa saya perbaiki.
Ala Bisa Karena Terbiasa

Jangan lupa, baca artikel lainnya: