Saturday 22 October 2016

Programmer Tips: yang dilakukan kalau masih newbee

Selamat malam semua, mungkin pada artikel ini judulnya agak sedikit aneh. Namun menurut saya artikel ini penting buat kalian yang mau tekun di dunia programming. Artikel ini saya tulis berdasarkan apa yang telah saya lakukan 6 bulan kebelakang saat saya mulai fokus di dunia pemrogramman, sebelumnya masih ikut-ikutan saja. Jadi, kita disini masih sama-sam newbee (baru). Disini saya bukan bermaksud menggurui tapi sekedar berbagi saja. Jika kalian punya tips yang lain silakan kalian tambahkan di kolom komentar.

Berikut hal yang saya lakukan kalau belajar pemograman:
  1. Memilih bahasa pemograman yang akan dipelajari
  2. Bahasa komputer sama seperti bahasa manusia yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari namun bahasa kita sehari-hari lebih banyak dan bahasa komputer itu lebih kompleks. Jadi jika kalian mau belajar pemograman pilihlah salah satu misalkan saya memilih basic di bahasa C jadi fokusnya di Pemograman WEB (PHP) dan di Mobile (Java). Bahasa pemograman yang lain juga bagus, akan tetapi pada saat kuliah dari awal saya di ajarkan bahasa C. 
  3. Belajar Algoritma
  4. Semua dosen bilang kalau algoritma itu kunci utama seorang programmer. Saat pertama kuliah dan saya mendapat kuliah algoritma, saya sangat bingung sebenarnya pelajaran ini buat apa. Ternyata saat memulai diberikan projek secara tidak langsung pelajaran algoritma itu berguna sekali. Maka dari itu, jika kita mau belajar programming harus biasakan membuat ES(English Structur), Flowchart dan Pseudocode. Walaupun sampai sekarang pada saat membuat program saya tidak pernah membuat flowchart, tetapi pada saat stuck (pikiran blank) baru membuat flowchart. Mohon ini jangan ditiru yah gan.
  5. Kerjakan tugas yang diberikan
  6. Jangan pernah tidak mengerjakan tugas yang diberikan dosen atapun guru disekolah.Menurut saya, semakin banyak tugas atau projek yang dikerjakan secara tidak langsung algoritma dan skill kalian bertambah. Mulai dari error yang ditemukan dan kalian menjadi terbiasa mencari solusi untuk error tersebut.
  7. Gabung ke Forum
  8. Jika kamu memang serius, cobalah kamu gabung ke forum. Disana kamu akan dapat melihat problem-problem yang dimiliki programmer lain dan bagaimana mengatasinya. Kamu juga bisa bertanya di forum tersebut saat kamu ada problem dengan programmu. Selain itu, kamu juga bisa memberi jawaban kalau memang kamu bisa memberi solusi terhadap masalah program lain.
  9. EXCERCISE
  10. Selain semua di atas itu, latihan untuk membuat program itu sangat penting. Kata dosen saya jika kalian ingin menjadi programmer cukup belajar 2 jam/hari. Walaupun kadang-kadang saya sendiri sulit untuk menerapkannya, tidak ada salahnya kalian menerapkan kata-kata itu. latihan akan membuat kalian menjadi terbiasa buatlah dari hal yang mudah. 

Sekian yang bisa saya sampaikan, cara belajar setiap orang berbeda. Namun, kalian tidak ada salahnya mengikuti cara diatas. Semoga membantu dan terima kasih.

Ala Bisa Karena Terbiasa