Sunday 9 October 2016

Blogger: Dari hobby menulis jadi memiliki banyak keahlian

i'm bloggerSelamat malam semua, kali ini saya bercerita sedikit tentang pengalaman didunia blogging. Singkat cerita saya mulai hobby menulis diblog dari tahun 2011 sejak kelas 1 SMA berawal dari saya ingin membagikan tugas-tugas yang saya buat disekolah di blog saya yang dulu. Namun, sekarang saya tidak tahu gimana nasib blog saya yang dulu itu karena kontennya acak-acakan tidak berfokus pada satu bidang seperti saat ini. Saya memilih membuat yang baru karena sekarang lebih serius mengurusnya.

Kenapa saya membuat judul postingan seperti ini, ini merupakan pengalaman pribadi yang saya rasakan. Jika memang kalian fokus mengurus blog, pasti membuat jadwal untuk update setiap minggu sekali atau sebulan sekali untuk sebuah konten yang maksimal agar visitor tertarik dan betah di blog kita. Berikut keahlian yang mungkin dimiliki seorang blogger:
  • Memahami dunia programming terutama yang berbasis web
  • Saat pertama membuat blog/website tidak semua blogger bisa membuat tampilan untuk websitenya. Memilih template atau mencari di internet merupakan hal yang wajar dilakukan terlebih dahulu. Dari template tersebut para blogger mengedit sesuai dengan yang mereka inginkan misalkan menambahkan menu dan menambahkan label. Tentu itu akan membutuhkan waktu yang lama namun akan membuat mereka jadi terbiasa. Dari sinilah membuat semakin biasa dan memahami tag-tag yang berfungsi untuk membangun website. Hingga akhirnya bisa membuat sendiri template dan itu bisa menjadi nilai jual tersendiri buat mereka.
  • Memiliki banyak pengalaman karena sering melakukan eksperimen
  • Bagaimana jadinya kalau konten yang mereka bagikan belum pernah para blogger coba? tentu akan menyesatkan visitor yang mengalami masalah. Misalkan seorang blogger yang memposting cara memperbaiki ponsel yang bootloop, tentu mereka sudah pernah mengalami kasus yang sama sehingga meraka memposting cara memperbaikinya dan menyertakan gambar mengenai pengalaman mereka. Contoh yang lain, blogger yang khusus membuat konten pariwisata. Mereka pasti sudah pernah mengunjungi tempat wisatanya, kemudian membuat postingan mengenai pengalamannya saat melancong ke tempat tersebut.
  • Menjadi marketing yang handal
  • Secara tidak langsung, seorang blogger selalu berpikir untuk membuat konten yang menarik agar orang yang hanya melihat judul saja akan tertarik dengan kontennya. Itu membuat para blogger setiap saat menyusun strategi untuk menjaring visitor. Walaupun implementasinya seorang marketing menjaring konsumen namun tidak memungkiri seorang blogger memiliki kemampuan marketing bagus.
  • Public speaking yang bagus
  • Walaupun ini belum kerasa pada diri saya sendiri. Namun kebanyakan para blogger memiliki kosa kata yang banyak. Ini membuat para blogger bisa menjadi pembicara yang bagus.
  • Penulis yang kreatif
  • Ini merupakan aset yang wajib dimiliki seorang blogger. Kalau tidak bisa menulis bagaimana bisa buat konten? Walaupun mereka membuat blog karena merasa memiliki ilmu lebih untuk dibagikan di internet, kalau tidak bisa menulis mau membuat apa?

Terima kasih sudah berkunjung di blog yang sedehana ini, mungkin itu saja yang bisa saya bagi semoga bisa menjadi inspirasi buat kalian semua. Bagi sahabat blogger yang memiliki tambahan bisa tambahkan di kolom komentar. 

Ala Bisa Karena Terbiasa
Baca juga artikel lainnya :