Monday 24 October 2016

MIUI Tips : Cara Upgrade ROM China ke ROM Global

Selamat malam semua, pada kesempatan kali ini saya akan share tentang cara pindah dari ROM China ke ROM Global. Hal ini terjadi karena pada awalnya saya ingin sekali menikmati MIUI 8 akan tetapi pada saat itu untuk HP saya hanya tersedia ROM China saja. Selang beberapa bulan, ternyata MIUI 8 sudah rilis untuk versi Global. Dan sekarang saya akan pindah ke ROM Global, berikut langkah-langkah yang saya lakukan.

1# Download ROM Global sesuai dengan tipe xiaomi HP kalian di http://en.miui.com/
China to Global ROM

2# Silakan download ROMnya dengan menekan tombol download seperti dibawah ini.
ROM China to ROM Global

3# Silakan download ROMnya sampai selesai, sambil menunggu downloadan selesai kalian bisa backup data HPnya terlebih dahulu. Disini saya menggunakan PC, untuk kalian yang enggak ada PC silakan pindahkan data ke Micro SD ataupun ke Flashdisk dengan USB OTG (On The Go)

4# Pada langkah ini, kita reset dulu HP Xiaominya ini bertujuan supaya ROMnya bersih dan kemungkinan error saat update nanti lebih kecil. Silakan matikan HPnya kemudian tekan volume atas + power untuk masuk ke recovery mode.

5# Pada recovery mode silakan pilih bahasa English terlebih dahulu, Volume atas dan volume bawah untuk pindah dan power untuk apply. Setelah masuk ke MAINMENU silakan pilih wipe&reset > wipe all data. Tunggu hingga proses Wipenya selesai dan kemudian akan reboot.



6# Buatlah folder di internal memori HP xiaomi dengan nama 'downloaded_rom' setelah itu taruh file romnya di dalam folder tersebut.

ROM China to ROM Global

7# Setelah itu, kalian buka aplikasi updater dan tunggu tampilannya agar seperti dibawah ini.

ROM China to ROM Global
8# klik collapse yang ada pojok atas itu, yang saya tandai warna merah. Kemudian pilih Choose update package >pilih folder 'downloaded_rom' > file ROM
ROM China to ROM Global
9# Setelah itu, tunggu proses update sampai selesai. Kalau file tidak ada masalah proses ini memakan waktu sekitar 20 menit. Jadi kalian haru bersabar dan jangan panik.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang menggunakan ponsel xiaomi dan ROM MIUI.


Jangan lupa!!!
Baca juga artikel lainnya: