Friday 14 October 2016

Windows Tips : Hal yang harus dipersiapkan sebelum install ulang

Windows Logo by : BaliDevSiang semua, pada kali ini BaliDev akan share tentang apa saja yang harus kalian persiapkan sebelum kalian install ulang PC/Laptop kalian. Karena install ulang hampir menjadi pekerjaan setiap hari, itu membuat saya kepikiran untuk membuat artikel ini dan beberapa kemungkinan yang akan kalian alami saat install ulang.

  1. Back Up Data
  2. Back up merupakan hal terpenting yang harus kalian lakukan sebelum install ulang PC/Laptop kalian, karena jika kalian kehilangan data penting kalian maka akan berakibat fatal dan membuat kalian pusing tujuh keliling.
  3. Melihat versi PC/Laptop 
  4. Setelah data aman, kalian perlu melihat type laptop kalian untuk mencari driver langkah langkahnya jika type laptopnya tidak tertempel di laptop kalian:
  • Masuk ke dxdiag tekan kombinasi logo windows + r kemudian klik dxdiagdxdiag mode
    • Lihat System Model kemudian kalian cari driver yang sesuai, lihat detail informasinya disana.Berikut informasi laptop saya.dxdiag windows 10
    Diatas itu adalah langkah-langkah identifikasi dan pengamanan data kalian langkah selanjutnya adalah
    1. Tentukan versi windows yang akan kalian install dan carilah driver yang sesuai.
    2. Setelah menentukan windows berapa yang akan kalian install, carilah ketersediaan drivernya terlebih dahulu.Walaupun sekarang ada driver pack, namun sangat tidak saya sarankan memakai driver jika tidak sangat kepepet sekali. Jika sudah mendapatkan driver, sekarang buatlah bootable atau pakai CD terserah kalian.
    3. Lakukan proses installasi
    4. Pada proses ini, kalian harus berhati-hati agar data kalian tidak terformat saat pemilihan partisi yang di install. Saran saya, kalian tidak meninggalkan PC/Laptop kalian pada proses ini.
    5. Install WinRar
    6. Jika proses install sudah selesai, tentunya kalian akan menginstall driver. Langkah pertama install lah software untuk mengekstrak file-file driver karena sebagian besar filenya berbentuk .rar atau .zip
    Mungkin sekian tipsnya, semoga bermanfaat buat kalian semua. Jika ada kekurangan, silakan tambahkan di komentar supaya segera bisa saya perbaiki. Bagi kalian yang merasa info ini bermanfaat silakan follow akun G+ BaliDev.

    Ala Bisa Karena Terbiasa

    Baca juga artikel lainnya: