Saturday 29 October 2016

Google : Advanced Technology And Projects (ATAP)

Selamat siang semua, pada kali ini saya akan share tentang project baru yang dikembangkan oleh google. Berawal dari menonton videonya di YouTube, membuat saya tertarik untuk menulis sebuah artikel untuk blog ini.
Google yang awalnya merupakan sebuah search engine (mesin pencari), berkembang menjadi perusahaan yang sangat besar. Bahkan sekaranga google yang paling mendominasi world wide yang ada di dunia ini.
Gambar Google ATAP by balidev.top

Pada awal 2016 ini, google membentuk tim untuk membuat projects yang bernamakan Google ATAP (Advanced Technology And Projects). Jika kalian tertarik untuk melihat langsung silakan tonton videonya di YouTube, saya yakin kalian akan bengong sambil bilang "ini luar biasa".

Adapun, prototype atau projects yang dikembangkan adalah sebagai berikut:
  1. Project Soli
  2. Merupakan project yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi radar, radar akan mendeskripsikan interaksi yang dilakukan oleh manusia melalui sensor yang sangat sensitif. Sehingga semua gesture akan dapat dikenali. Sehingga kita dapat mengatur perangkat dengan cepat hanya melalui gesture tangan saja.
  3. Project Jacquard
  4. Project ini dikembangkan untuk kebutuhan industri pakaian, dimana teknologi akan diterapkan kedalam tenunan pakaian. Sehingga selain berfungsi sebagai fashion pakaian tersebut juga bisa sebagai alat interaktif. Project ini memungkinkan designer dan developer membuat tekstil yang sensitif kedalam produk mereka.
  5. Google Spotlight Stories
  6. Kalau teknologi ini mungkin sudah bisa kita rasakan melalui virtual reality yang sudah banyak beredar di Indonesia, saya sendiri pernah mencoba dengan google cardboard. Ini merupakan layanan yang disediakan oleh google, membuat kita seolah-olah berada didalam sebuah cerita yang ada di ponsel kita. Yah, membuat kita tertawa sendiri dan mencoba mengikuti gerakan tokoh yang ada di film tersebut.
  7. Project ARA
  8. Layaknya sebuah lego, kini sebuah smartphone bisa di bongkar pasang. Google menyediakan slot-slot yang bisa kita custom sendiri, seperti menambahkan modul kamera, modul speaker supaya suaranya lebih keras. Saya sendiri sangat tertarik dengan perangkat ini, semoga nantinya bisa masuk ke Indonesia. 
Mungkin sekian yang bisa saya bahas mengenai project ATAP milik google ini, semoga teknologi tersebut cepat masuk ke negara kita supaya developer mempunyai waktu lebih untuk mengembangkan teknologi tersebut supaya bisa kita bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari, guna untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Thank You

Baca juga artikel lainnya: