Tuesday 11 October 2016

Hardware Stuff: Kenali gejala kerusakan pada laptop atau komputer

balidev2016 hardware stuffSelamat malam semua, malam ini sambil ditemani segelas teh hangat untuk sekedar menghangatkan tubuh yang kedinginan dan letih karena sakit dan kesibukan di kampus. Ditambah lagi ada servican laptop mati dan dikejar oleh customer untuk mengerjakan dan untungnya teknisi bisa langsung ngerjain.
Namun, dari kejadian itu saya mendapat inspirasi untuk menulis artikel baru yang ada sangkutannya sama kerusakan laptop tersebut.
Sebenarnya kerusakan yang terjadi pada laptop/komputer itu biasanya ditandai dengan timbulnya beberapa gejala yang membuat laptop tidak bekerja seperti biasanya. Berikut gejala-gejalanya dan cara mengatasinya:

  • Baterai cepat habis padahal pemakaian normal
  • Jika gejalanya seperti ini, yang pertama harus kalian lakukan adalah mengecheck background proses pada laptop kalian. Jika kalian memakai sistem operasi windows kalian bisa di task manager. Lihat aplikasi yang bekerja dan paling banyak memakan resource, biasanya itu yang membuat baterai cepat habis. Jika aplikasi normal-normal saja, bisa kalian check bagian casing yang berdekatan dengan baterai laptop. Jika dibagian sana terasa panas, kemungkinan bateraimu mengalami kebocoran dan ini sangat berakibat fatal karena bisa merusak komponen lainnya dan bisa membuat laptop meledak. Solusinya: Selalu gunakan charger yang original, jika laptop memang sudah berumur itu menandakan kamu harus mengganti bateraimu, dan yang terakhir jika baterai tidak panas silakan kalian coba kaliberasi baterainya.
  • Saat dipakai sering mati sendiri
  • contoh laptop yang kotorGejala ini memang paling menyebalkan, bagaimana tidak sedang asyik dipakai bekerja malah mati sendiri dan kamu pun menjadi panik. Solusinya, coba check penggunaan memori pada saat kamu menjalankan aplikasi yang membuat laptopmu mati mendadak, kalau memang sangat penuh kemungkinan itu penyebabnya. Selain itu, harddisk yang bekerja sangat keras dan mengalami overheat akan membuat laptop mati dan hidup kembali. Yang terakhir,  mati sendiri dan tidak bisa dihidupkan kembali. Ini biasanya sudah terjadi kegagalan hardware mulai dari yang termudah diidentifikasi yaitu ic powernya sampai yang paling parah yaitu motherboardnya.
  • Mati sendiri dan berbunyi beep
  • Dengan adanya bunyi beep itu, sebenarnya kita bisa dengan mudah mengidentifikasi komponen mana yang tidak terhubung dengan baik dengan motherboard. Solusinya, kalian dengarkan dan hitung berapa kali beep berbunyi kemudia coba kalian cari kode beepnya, saya sendiri tidak terlalu hafal dengan kode beep, tetapi dengan menghitung dan mencarinya saya jadi tahu komponen mana yang gagal terkoneksi dengan motherboard.
  • Panas berlebih
  • Nah, yang terakhir ini paling sering biasanya diabaikan. Padahal panas berlebih yang tidak seperti biasanya sangat berakibat fatal, bisa merusak motherboard dengan cepat. Jika kalian merasakan gejala ini. Berikut yang harus kalian lakukan : Pertama, kalian check apakah kipas laptop berputar dengan bagus. Jika kipas masih berputar tetapi masih terasa panas sekali, coba kalian bongkar sendiri dan bersihkan komponen yang kotor. Jika kalian tidak bisa saya sarankan untuk ke ahlinya untuk membersihkannya. Saya sendiri bersama teman sering mendapat customer yang membersihkan laptopnya.Mengecheck pasta heatsing sangat disarankan jika kondisinya seperti ini.

Ok, mungkin hanya sekian yang bisa saya bagi. Semoga semua ini bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah kalian. Untuk kalian yang punya gejala tambahan yang mungkin belum saya sebutkan silakan tambahkan di komentar atau email saya langsung agar bisa segara saya update.

Jangan lupa !
Baca artikel lainnya: