Monday 12 December 2016

5 (lima) Smartphone teratas 2016

Di pengujung tahun 2016 ini, Balidev akan merangkum 5 smartphone teratas yang viral ditahun 2016 ini. Banyak sekali rilis smartphone yang memiliki smartphone diluar nalar kita. Dulu untuk mendapat RAM 4GB itu hanya terdapat pada Laptop/PC akan tetapi di 2016 ini Smartphone dengan RAM 4GB menjadi trend yang harus ada di smartphone berkualitas. Pada artikel ini saya tidak membedakan spesifikasi dan yang mana juaranya. Urutan bukan sebagai juaranya karena masing-masing smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik langsung saja kita mulai dari yang pertama :

1# Samsung Galaxy S7 Edge
Samsung Galaxy S7 edge
Gambar 1. Samsung S7 Edge
Sumber : GSM Arena
Seri pendahulu smartphone ini tidak menuai keberhasilan menarik hati konsumen. Namun, smartphone Samsung Galaxy S7 Edge yang rilis pada bulan Maret 2016 ini menuai banyak pujian, good job buat Samsung. Smartphone yang berdimensi 150.9 x 72.6 x 7.7 mm ini memiliki spesifikasi high end berposesor Exynos 8890, yang merupakan inti prosesor terbaru saat itu yang di keluarkan oleh Samsung. Smartphone ini memiliki layar Edge (Melengkung), dengan luas 5.5-inch yang beresolusi : 1440 x 2560 (2K) dan memiliki kapasitas RAM 4GB. Kecantikan layarnya lah yang menuai banyak pujian karena diyakini layar ini sangat kokoh. Selain itu Samsung menanamkan teknologi super camera pada smartphone ini dengan main kamera 12MP dan front kamera 5MP. Kekurangan dari smartphone ini hanya terlihat dari bahannya, banyak yang bilang kalau bahannya sedikit seperti plastik. Namun, itu hanya perasaan saja . Kekurangan yang lainnya adalah harganya yang relatif mahal namun setara dengan teknologi yang ditanamkan Samsung pada smartphone ini.

2# Samsung Galaxy S7
Masih di seri Samsung yaitu varian Samsung S7 ini masih menjadi 5 smartphone teratas di Tahun 2016 ini. Yang membedakan dengan Samsung S7 Edge adalah pada bagian layar dan kapasitas baterainya. Pada samsung S7 Edge menggunakan kapasitas baterai 3600mAh dan samsung galaxy s7 biasa menggunakan baterai 3000mAh. Tentu saja S7 Edge menggunakan baterai yang lebih besar karena mengusung layar yang lebih luas ditambah edgenya. Selain itu spesifikasinya hampir sama Samsung S7 biasa dengan Samsung S7 Edge.

3# IPhone 7 Plus
Apple iPhone 7 Plus
Gambar 2. Varian IPhone 7
Sumber : GSM Arena
Tidak seperti kebanyakan smartphone android lainnya, seri IPhone yang rilis pada bulan September 2016 ini menggunakan RAM 3GB. Walaupun mengusung RAM yang lebih kecil dari smartphone Android, soal performa IPhone 7 ini tidak bisa diremehkan. Apple sendiri banyak menanamkan teknologi baru pada varian IPhone ini, seperti dual camera dan anti air. Luas layarnya 5.5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 (Full HD) dan prosesor termuktahir dari Apple yaitu A10 Fusion. Processor ini memiliki 4 inti yang kecepatan masing-masing intinya 2.23 ghz. Menariknya Apple tidak menyediakan headphone jack pada smartphone ini. Kekurangan lainnya smartphone ini harganya relatif mahal. 


4# LG G5
LG G5
Gambar 3. LG G5
Sumber : GSM Arena
LG yang merupakan perusahaan teknologi dimana pada perusahaan smatphonenya seri G merupakan seri High End. Smartphone G5 ini rilis pada bulan April 2016 dengan mengusung spesifikasi layar dengan luas 5.3 inch resolusi 1440 x 2560 pixels atau setara dengan 2K, memiliki dual camera pada bagian belakangnya, menggunakan processor teranyar milik Qualcomm pada saat itu yaitu Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 yang diklaim oleh Qualcomm processor ini lebih bertenaga dan hemat baterai serta mendukung fast charging. Yang menarik dari smartphone ini, di paket penjualannya memiliki banyak aksesoris tambahan seperti LG Cam plus, LG 360 VR, LG 360 Camera. Tentu menanmbah pengeluaran budget untuk mendapatkan aksesorisnya yang sangat professional tersebut.



5# IPhone 7
Apple iPhone 7
Gambar 4. IPhone 7
Sumber : GSM Arena
IPhone 7 ini memiliki spesifikasi lebih rendah dari IPhone 7 plus yakni hanya memilki 1 modul kamera, RAM 2 GB, luas layar 4.7 inch. Yang sangat disayangkan dari smartphone ini adalah kapasitas baterainya yang hanya 1960mAh tentu itu akan membuat kita sedikit repot untuk melakukan pengisian ulang lebih sering dari yang lainnya. Namun, dari segi perform tidak usah kalian ragukan lagi. Mengingat smartphone ini sudah menggunkan RAM 2GB.










Nah, itulah jajaran smartphone teratas di tahun 2016. Masih banyak lagi smartphone lain yang memilki spesifikasi serupa dengan smartphone di atas. Semoga bisa menjadi acuan bagi kalian yang ingin mengganti atau membeli smartphone di pengujung tahun ini.

Sumber:
  1. GSM Arena 
  2. TechRadar