Friday 9 December 2016

Cara membuat artikel yang bagus di blog

Banyak dari kita sebagai blogger kebingungan membuat artikel agar banyak mendapat pengunjung. Ide yang sama dengan penulis lain membuat artikel kita bersaing ketat agar mendapat posisi bagus di search engine. Bagi saya pribadi, sebagai blogger pemula mendapat page views yang banyak dari berbagai lalu lintas saja sudah senang. Akan tetapi, untuk jangka panjangnya saat kita tidak bisa melakukan Blog Walking, bagaimana caranya supaya tetap ada visitor. Dari sekian artikel yang saya buat saya coba optimiasi dengan cara-cara di bawah ini:

1# Menentukan ide dan reseacrh keyword
Salah satu yang kita lakukan sebelum menulis sebuah artikel yah menentukan ide, benar begitu sobat? terkadang ide tersebut datang secara tiba-tiba saat lagi di jalan atau bepergian. Biasanya saya catat ide tersebut di note gadget saya sambil berpikir hal apa saja yang nanti saya paparkan di artikel tersebut. Sebelum menulis artikel, biasanya yang saya lakukan adalah research keyword. Hal itu bertujuan untuk mengumpulkan materi yang sama supaya informasi yang kita sampaikan lebih akurat dan penentuan judul artikel supaya bisa bersaing di search engine. Maka dari itu, dalam menulis artikel saya memerlukan waktu 2-3 jam. Reasearch Keyword tidak wajib menurut saya, sering buang-buang waktu sih tapi kalau macet diperjalanan menulis artikel baru saya searching lagi.
Contoh cara membuat gambar untuk artikel yang bagus
gambar 1. Cara Membuat artikel yang menarik
2# Cari gambar, icon atau info grafis
Gambar bisa membuat artikel kita terlihat lebih cantik dan pembaca tidak capek membaca tulisan kita. Sekarang lagi tren info grafis, dimana blogger hanya menampilkan gambar yang sudah berisi inti sari dari informasi yang akan disampaikan. Nah, kalau kita sebelum menulis bisa mencari atau membuat gambar yang terkait dengan artikel yang akan kita buat.

Pada tahap selanjutnya ini, kita akan memulai menulis artikelnya. Optimasi yang dilakukan cukup mudah namun banyak blogger yang tidak disiplin untuk melakukannya. Awalnya saya hanya kebiasaan saja untuk melengkasi alt di gambar dan menambahkan deskripsi pada artikel, setelah belajar SEO ternyata yang saya lakukan tersebut sudah memenuhi SEO OnPage (Seo dalam situs). Apa-apa saja hal itu, mari kita simak bersama-sama sobat :
Gambar cara membuat artikel yang bagus
Gambar 2. Cara membuat artikel yang menarik
3# Menambahkan judul
Menurut saya hal ini tidak perlu dibahas lagi. Sudah kewajiban kita sebagai penulis mengisi judul untuk artikel kita. Namun, judul yang tidak bagus akan membuat artikel kita terlempar jauh di search engine. Dalam pembuatan judul ini, langkah terbaik yang kita lakukan adalah berfikir seolah-olah menjadi visitors. Kalau kita mencari artikel yang terkait kira-kira apa yang akan kita ketikkan di mesin pencari. Dengan begitu kita bisa dengan cepat menentukan judul postingan sobat.

4# Alt Image
Jika sobat menambahkan gambar pada blog, jangan lupa tambahkan deskripsi dari gambar tersebut. Walaupun kelihatan sepele namun sangat memepengaruhi SEO OnPage situs sobat. Mungkin sudah terlanjur sobat lupa menambahkan silahkan cek kembali artikelnya. Kalau di blogger sendiri cara menambahkan alt imagenya dengan cara klik gambarnya kemudian pilih properties. Alt img ini juga mempengaruhi pencarian gambar yang ada di search engine.
Gambar cara menambahkan properties image
Gambar 3. Cara menambahkan properties pada image di blogger
5# Jangan boros menggunakan tag H1, H2, H3, H4
Saya sendiri tidak terlalu mengerti dengan penggunaan tag-tag ini, saya baca di forum-forum katanya kebanyakan menggunakan tag tersebut dan tidak sesuai konteksnya akan menghabat posisi artikel kita di search engine.

6# Menambahkan Outbond Link / Internal Link
Dalam menyampaikan informasi, terkadang didalamnya terdapat informasi yang tidak bisa kita bahas lebih detail. Entah itu karena bukan jangkauan kita atau perlu sebuah artikel yang membahasnya secara mengkhusus. Menanam link lain di blog kita guna memperkuat informasi yang kita sampaikan disebut dengan outbond link. Sedangkan internal link kita buat untuk mengaitkan satu artikel dengan artikel kita yang lain yang sudah ditulis sebelumnya.

7# Menambahkan meta tag description
Meta tag deskripsi ini tidak mempengaruhi posisi artikel kita di search engine. Namun, bisa menarik perhatian calon pengunjung jika kita mampu memberi deskripsi yang sesuai mereka cari.
Contoh gambar meta description pada artikel blog
Gambar 4. Contoh artikel yang berisi meta deskripsi
Mungkin hanya segitu yang bisa saya bagi, karena hal di atas yang paling sering saya lakukan sebelum menulis. Jika kalian punya ide yang lain untuk mengoptimalkan pembuatan artikel supaya ramah dengan search engine silahkan tambahkan di kolom komentar nanti saya update artikelnya.
Bagi kalian yang pemula bisa baca-baca juga panduan ngeblog di bawah ini dari mas sugeng:
Tutorial Blogger Lengkap dari A sampai Z untuk Pemula