Sunday 11 December 2016

Cara submit url ke google webmaster


Salah satu cara agar blog kita mendapat pengunjung natural dari google adalah dengan mendaftarkan url blog kita ke google webmaster. Google webmaster merupakan tools yang disediakan oleh google untuk para blogger, kita bisa melihat status indeks, keyword yang mengarah ke situs kita dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang cara submit url kalian ke google webmaster, simak baik-baik langkahnya jangan sampai ada yang kelewatan:
1# Pastikan sobat memiliki web/blog yang akan di daftarkan. Kalau tidak punya silahkan buat terlebih dahulu, hehe.

2# Silahkan masuk ke website Google Webmaster.

3# Setelah masuk ke websitenya silahkan sobat login atau sign up terlebih dahulu. Saya sendiri menggunakan Platform blogger dan mendaftar menggunakan akun google saya.

4# Setelah berhasil login/sign up maka kita akan mendaftarkan web kita. Caranya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.
Cara submit url ke google webmaster
Gambar 1. Dashboard Google Webmaster
Pada pojok kanan atas terdapat tulisan tambahkan properti atau add site(jika menggunakan bahasa inggris). Silahkan kalian klik tombol itu, maka akan muncul pop up untuk memasukkan url sobat. Sesuaikan formatnya seperti di bawah ini.
Cara submit url ke google webmaster
Gambar 2. Tambah Situs Google Webmaster
Setelah itu silahkan klik tombol tambah dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
5# Langkah selanjutnya sobat akan disuruh untuk verifikasi situs. Ada dua metode yaitu metode yang disarankan dan metode alternatif. Pada tutorial ini kita gunakan metode alternatif.
cara submit url ke google webmaster
Gambar 3. Cara verifikasi site google webmaster
klik tombol Tag HTML Copy kode tersebut, kemudian kalian masuk ke dashboard blog kalian, masuk ke template kemudian Edit HTML. Selanjutnya pastekan kode tersebut di bawah tag <head>. Setelah di pastekan silahkan simpan terlebih dahulu, setelah itu kembali lagi ke site verifikasinya dan klik tombol VERIFIKASI.

6# Jika berhasil maka kalian akan masuk ke halaman dasbord, sekarang saatnya kita tambahkan sitemap kita ke webmaster. Caranya klik perayapan kemudian Peta situs dan klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs.
Menambahkan sitemap
Gambar 4. Menambahkan Sitemap ke webmaster
Setelah itu maka kalian akan disuruh mengisi form, silahkan tambahkan code ini di form tersebut:
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Langkah selanjutnya silahkan klik kirim. Sampai disini kita sudah berhasil menambahkan sitemap atau mendaftarkan blog kita di google webmaster. Tinggal tunggu artikel kita terindeks.
Jika gagal silahkan cantumkan masalahnya di komentar dan jika berhasil bisa share ke teman-teman blogger lainnya. Jangan lupa baca artikel lainnya.

  1. Blogger Tips : Sitemap pada blog dan cara membuatnya
  2. Cara membuat artikel yang bagus di blog
  3. Kesalahan Blogger Pemula
  4. Tips Approved Google Adsense