Wednesday 14 December 2016

Kenapa smartphone China murah?

Smartphone China mendominasi di dunia karena smartphone mereka memiliki spesifikasi yang tinggi dan harga yang murah. Ketika sobat menggunakan smartphone China, sebagian dari sobat pasti akan terkejut dengan betapa canggih dan cepatnya smartphone mereka dengan harga yang murah. Kita belum tau bagaimana mereka bisa menjual smartphone dengan murah, apakah alasan di balik semua itu?
Alasan smartphone china sangat murah
Smartphone China


Baca sampai selesai agar sobat tahu kenapa smartphone China bisa sangat murah.

1. Upah Tenaga Kerja yang murah di China
Salah satu alasan yang sudah sangat lazim kenapa smartphone China bisa sangat murah adalah upah tenaga kerjanya yang dipaksakan sangat minim. China adalah salah satu negara yang memberikan upah tenaga kerja rendah di dunia dan itulah alasan utama mengapa banyak pabrik yang berkembang disana.
Pabrikan lokal China seperti : Xiaomi, Huawei, Meizu dll, mendapat keuntungan karena bisa memproduksi smartphone lokal, dimana mereka bisa menekan biaya transportasi tentu akan lebih murah tidak seperti kompetitor dari luar seperti Apple, Samsung, HTC atau Sony.

2. Berteknologi tinggi tapi bukan yang terbaru
Faktor lain adalah pabrikan China tidak melindungi smartphone mereka dengan hardware yang paling baru dan yang menjanjikan. Mereka lebih tertarik untuk menyeimbangkan harga dan kemampuan dari smartphone tersebut. Jika sobat pernah mencari di website yang menjual smartphone China, sobat mungkin melihat smartphone dengan spesifikasi yang sangat layak tapi harganya jauh lebih murah dari merk lain seperti Samsung. Karena Samsung menggunakan alat yang lebih berkualitas, itulah mengapa mereka menjual smartphonenya lebih mahal.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan pabrikan China lebih memilih processor Mediatek. Ditambah lagi Mediatek juga merupakan perusahaan China, jadi hal tersebut membuat distribusi lokal yang murah.
Untuk RAM, pabrikan China tidak akan menggunakan memori DDR4, yang sudah digunakan smartphone kelas atas. Disamping akan jauh lebih murah, pabrik China membuat modul DDR3 kelas atas, Smartphone China juga cenderung bekerjasama dengan Korea atau Jepang untuk pemasok panel IPS atau AMOLED yang memiliki kualitas lebih rendah agar mendapat harga lebih murah. Itu semua bertujuan untuk menyeimbangkan harga dengan kualitas.

3. Fokus dengan pemasaran Online
E-commerce adalah metode yang paling dipilih oleh perusahaan Chine. Perusahaan seperti Apple atau Samsung telah menghabiskan banyak uang untuk membangun toko mereka sendiri. Saat seseorang membeli produk Samsung dan Apple mereka tidak hanya membayar ponsel tersebut tetapi juga membayar biaya pengiriman dan biaya untuk pajak toko. Itu membuat harga smartphone mereka berbeda disetiap daerah. Smartphone China lebih murah karena mereka tidak membangun brand dengan membuka toko yang cenderung menghabiskan banyak uang.

4. Marketing yang murah
Apakah sobat melihat bagaimana Samsung saat peluncuran produk-produk flagship mereka? atau Sony yang mempromosikan Xperia Z5 melalui film James Bond? hal ini jelas mahal dan memerlukan banyak biaya, yang akhirnya kita sebagai pembeli juga ikut membayar hal tersebut.

Jejaring sosial bisa jauh lebih murah dan sama-sama efektif sebagai alat pemasaran. Iklan ini memungkinkan untuk menarik seseorang yang membutuhkan smartphone yang canggih dengan harga yang murah. Sobat ingin smartphone tanpa harus membayar biaya pemasaran? maka solusi terbaik adalah membeli smartphone China.

5. Produksi yang terbatas
Metode penjualan yang berjalan sangat baik di China, menimbulkan tuntutan untuk barang tersebut. Jika orang berpikir ponsel tersebut akan habis, maka orang akan terburu-buru untuk membeli satu. Pabrik China berprinsip seperti itu, jadi mereka akan menjual dengan jumlah yang terbatas. Seperti penjualan Xiaomi mi4 yang ludes hanya dalam 37 detik.

6. Menjual Aksesoris
Perusahaan China umumnya memilki margin keuntungan yang rendah untuk penjualan smartphone. Sehingga mereka mengambil jalan lain dengan menjual aksesoris untuk meningkatkan keuntungan. Aksesoris yang paling digemari adalah pelindung ponsel.
Related image
Xiaomi Mi4
Sumber : image

Semua sah-sah saja, tapi apakah sebanding dengan kualitas produknya?
Sampai saat ini, smartphone China masih dalam kualitas yang rendah, tapi persepsi tersebut perlahan menghilang. Benar, smartphone tersebut tidak terbuat dari kualitas yang bagus tetapi tidak lagi menggunakan kualitas yang rendah. Tidak jarang kita lihat sebuah smartphone China dengan alumunium body dengan kualitas tinggi namun harganya kurang dari $250.

Jadi jika kalian memilki smartphne China, atau kalian ingin membeli smartphone China itulah beberapa alasan mengapa kita bisa mendapat harga yang jauh lebih murah dari merk terkenal lainnya. Jika ada salah kata atau ada tambahan lainnya bisa sobat tambahkan di kolom komentar.