Thursday 8 December 2016

Kesalahan Blogger Pemula

Selamat malam semua, pada kesempatan ini kita open diskusi saja. Kita akan membahas tentang kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak tepat kita lakukan saat pertama nge-blog.
Saya mulai nge-blog sejak kelas 1 SMA, itu hanya untuk iseng-iseng saja upload-upload tugas yang saya kerjakan semasa SMA. Pada saat itu saya sendiri tidak terlalu paham dengan istilah nge-blog yang ternyata luas sekali. Bahkan parahnya saya tidak masuk ke forum blogger untuk mencari informasi. Kemudian, kuarang lebih setahun lalu saya masuk ke forum-forum blogger. Ternyata dari nge-blog itu kita bisa menghasilkan uang yang banyak, disitu saya mulai termotivasi dan coba membuka blog lama saya. Setelah saya riset untuk berpenghasilan dari blog itu ternyata susah mulai dari konten original jumlah visitor natural yang harus banyak. Saat itu saya sedikit frustasi dan saya berfikir harus membuat blog yang baru dengan membahas beberapa topik saja.
i'm blogger
Source : [image]

Saya mulai nge-blog dari bulan September 2016, sampai saat ini saya sangat bersyukur karena nge-blog  memiliki pengalaman yang banyak. Dan setidaknya kesalahan-kesalahan ini yang saya lakukan saat awal-awal nge-blog:

  1. Main langsung nge-blog saja tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.
  2. Kesalah pertama ini sudah umum terjadi,  banyak yang berfikir asal punya akun sudah bisa menghasilkan uang dari blog. Hilangkan persepsi tersebut, sebelum nge-blog sebaiknya persiapkan nama dan niche (topik) yang akan kalian tulis. Jangan sampai ditengah perjalanan nge-blog malah bingung mau bahas karena nichenya tidak sesuai dengan passion kita. Jadi, pilih niche yang tepat dan tetaplah konsisten pada pendirian kalian sehingga saat pertama kali orang berkunjung mengetahui apa sih yang di bahas di blog kalian.
  3. Sibuk gonta ganti tampilan
  4. Setiap blogger pemula pasti pernah melakukan hal yang sama. Dulu saya hampir setiap minggu ganti template, setelah mengetahui kalau template sangat berpengaruh terhadap peroforma blog kita. Maka sebelum membuat blog yang saya pakai saat ini, saya memilih 3 buah template. Template yang saya pakai sekarang ini opsi yang ketiga. Opsi pertama dan kedua saya ganti karena ditolak oleh google adsense.
  5. Terlalu sibuk Blog Walking
  6. Blog Walking memang sangat perlu untuk kita yang baru saja membuat blog. Namun, jika terlalu sibuk blog walking kapan dong buat artikelnya?. Ingat kesuksesan nge-blog adalah karena artikel kita banyak yang nyari dan memberi informasi yang akurat ke visitors.
  7. Tidak Konsisten dengan niche blog
  8. Jujur di awal ngeblog kita bisa membuat 2-3 artikel sehari, itu karena kita masih banyak punya materi. Menurut saya itu bukan hal yang salah. Akan tetapi kalau hanya sekedar membuat itu akan mempersulit kita diperjalanan selanjutnya. Kenapa begitu? perlu sobat ketahui kalau hanya sekedar membuat kita tidak akan ingin mengembangkan materi artikel tersebut nantinya, nah kalau kehabisan ide gimana? saran saya buatlah artikel yang saling terkait satu sama lainnya. Contohnya : membuat tutorial CRUD (Creat, Read, Update, Delete) pada Framework CodeIgniter. Saya membuat satu artikel yang membahas semuanya secara langsung, dan pada artikel selanjutnya saya bahas secara spesifik seperti bahas proses Creat secara detail. Dari satu topik itu saya kembangkan menjadi 5 buah artikel.
  9. Terlalu berambisi mendapat penghasilan yang banyak
  10. Jujur saja kita semua ngeblog pasti karena ingin mendapat penghasilan tambahan, namun terlalu fokus dengan uang membuat kita cepat bosan sobat. Awalnya saya juga begitu, satu bulan pertama buru-buru daftar adsense dan ditolak seharian itu saya malas ngeblog karena ditolak. Setelah merenung, akhirnya saya putuskan untuk tetap ngeblog dan membuat konten yang menarik syukurnya di bulan kedua sudah ada yang nyuruh saya untuk meriview perusahaan dan mendapat reward yang lumayan berharga. Itu membuat semangat saya menggebu-gebu dan banyak juga teman yang mengakses blog saya untuk belajar pemrograman. Dan di bulan ketiga ini saya sangat bersyukur karena sudah di terima sebagai publisher oleh google adsense.
  11. Asal buat artikel dan tidak memperdulikan SEO
  12. Kunci kesuksesan blog adalah artikel dan visitors, sebelum membuat artikel sebaiknya lakukan riset keywords terlebih dahulu. Apa fungsinya? banyak fungsinya yang pertama artikel kita harus mampu berkompetitif dengan artikel lainnya yang membahas materi yang sama. Yang kedua agar ramah dengan Search Engine, semakin bagus posisi artikel kita di search engine maka semakin banyak juga kemungkinan visitors mengunjungi blog kita. saat buat artikel yang perlu kalian perhatikan adalah tag judul, img alt dan tag deskripsi. Selama ini, sebelum membuat artikel saya selalu memperhatikan hal tersebut.
Mungkin hanya itu yang bisa saya bagi sebagai blogger pemula, sekali lagi artikel ini saya buat untuk open diskusi sesama blogger. Bila ada salah kata saya mohon maaf, bila ada kekurangan yang sekiranya perlu ditambahkan untuk kemajuan kita bersama sebagai blogger silahkan cantumkan ide kalian di kolom komentar.
Tambahan ini  panduan ngeblog yang menjadi panutan saya yaitu mas sugeng, mungkin kalian bisa baca-baca artikelnya dia sebagai panduan blogger pemula.