Saturday 3 December 2016

Windows Tips : Cara membuat hotspot di windows 7/8/10


Selamat malam, pada kesempatan kali ini balidev akan share tentang cara membuat hotspot dengan laptop kita. Tutorial ini berlaku juga untuk PC (Personal Computer). Mungkin di google tutorial ini sudah banyak tersedia, kami menuliskan ini untuk kalian yang mungkin belum ngerti dengan tutorial yang lain. 

Mengapa kita harus membuat hotspot?

  1. Terkadang kita hanya memiliki satu akun untuk konek ke wifi corner , biar device yang lain atau teman bisa mendapat koneksi maka kita perlu membagi koneksi kita dengan membuat hotspot.
  2. Untuk membuat Local Area Network(LAN), LAN ini banyak fungsinya baik untuk keperluan kantor, multimedia ataupun untuk bermain game. Bagi kalian yang suka main game multiplayer pasti sudah tahu betul mengenai LAN.
  3. Membuat Homegrup dan ICS (Intenet Connection Sharing), sebenarnya sama saja seperti yang saya sebutkan pada nomor 1 dan 2 hanya saja istilahnya berbeda. Homegrup memungkinkan kita untuk berbagi file dengan PC teman dan ICS berfungsi membagi koneksi melalui Port Ethernet maupun wifi. Pada tutorial ini kita akan sharing koneksi menggunakan wifi.
1# Langkah pertama kita akan memastikan bahwa adapter wifi support untuk melakukan sharing koneksi. Karena percuma kita melakukan ini kalau device kita tidak mendukung.

Cara Mengetahui adapter wifi support sharing:

- Buka cmd (Command Prompt) caranya klik start->ketik cmd
- Setelah masuk cmd ketikkan "netsh wlan show driver", tanpa petik yah teman-teman.
- Setelah itu akan muncul informasi detail adapter wifi kita.
Cara membuat hotspot di windows 7/8/10
Command Prompt Windows 10
- Untuk mengetahui support atau tidak silahkan kalian bisa lihat pada gambar di atas pada bagian 
Hosted network supported : Yes. Bagi kalian yang tidak support alias no, mungkin versi drivernya tidak cocok, dan kemungkinan paling buruk adapternya memang tidak cocok silahkan kalian cek di google manufactur dan tipe drivernya.

2# Jika adapter wifi kalian support maka kita bisa ke langkah kedua ini, ketikan perintah ini "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama_hotspot key=password"pada cmd. Jika berhasil maka tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.
Cara membuat hotspot di windows 7/8/10
Command Prompt Windows 10

-Jika terjadi kesalahan pada tahap ini silahkan kalian masuk ke Device Manager cek pada bagian network kalian bisa update atau downgrade versi driver wlan adapter kalian.

3# Jika langkah kedua sudah berhasil kita akan mengaktifkan hotspot yang kita buat dengan perintah "netsh wlan start hostednework" pada cmd.
- Jika sudah berhasil silahkan kalian masuk ke control panel-> Network and Internet->Network Sharing Center. Akan tampil 2 SSID, lebih jelasnya gambarnya seperti di bawah ini.
Cara membuat hostpot di windows 7/8/10
Control Panel Windows 10
4# Selanjutnya pada Network and Sharing Center kalian klik change adapter settings. kemudian klik kanan pada adapter wifi kita.
Cara membuat hotspot di windows 7/8/10
Control Panel Windows 10
Setelah klik properties silahkan kalian masuk ke bagian sharing kemudian allow sharing dengan isi checkboxnya. Konfigurasinya seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat hotspot di windows 7/8/10
Control Panel Windows 10
Pada bagian Home Networking Connection itu bisa berbeda-beda namanya, sesuaikan dengan nama virtual adapter yang kita buat tadi. Silahkan perhatikan baik-baik gambarnya. Silahkan klik ok, dan kalian sudah berhasil membuat hotspot sendiri.
Dari berbagai kasus yang saya alami bersama teman-teman saat konfigurasi, terkadang internet sharing bermasalah.

Cara mengatasi sharing bermasalah pada windows

  1. Tekan kombinasi tombol logi windows + r kemudian ketik "services.msc" kemudian enter.
  2. Pada services kalian cari "Internet Connection Sharing"
  3. Ubah startup type ke Automatic
  4. Pada tab klik Recovery lakukan setting seperti di bawah ini kemudian klik ok
cara membuat hotspot di windows 7/8/10
Internet Connection Sharing
Baik sekian tutorialnya, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jadi ikuti stepnya pelan-pelan jangan sampai ada yang dilewatkan. Jika ada kendala silahkan mention di kolom komentar.

Artikel terkait: