Friday 16 December 2016

Apple : New wireless Airpods akhirnya tersedia

apple-airpods
New Wireless Airpods
Sumber : [image]
New wireless Airpods akhirnya tersedia.
Rabu kemarin, perusahaan mulai memesan AirPods secara online, dan akan dikirimkan pada customer sebanyak US$159, kepada Apple Stores, reseller dan carrier minggu depan.

Saat peluncuran iPhone 7 September kemarin, Apple Senior Vice President of Worldwide Marketing Phil Schiller mengatakan kalau AirPods akan tersedia di bulan Oktober, tapi perusahaan lupa menyampaikan bahwa peluncuran AirPods mundur dari target yang sudah ditentukan. 

Melewatkan deadline untuk peluncuran produk baru merupakan hal yang memalukan bagi perusahaan, tapi yang membuat AirPods lebih buruk lagi adalah mereka seharusnya mengatasi beberapa consumer yang tidak terima atas keputusan Apple menghilangkan headphone jack di Iphone 7 dan menggantinya dengan AirPods. 

Missed Opportunity


Namun, absennya AirPods tidak berpengaruh banyak terhadap penjualan iPhone 7.

“Penjualan iPhone 7 berjalan dengan baik seperti biasa,” kata Ross Rubin, kepala analisis di Reticle Research. 

Di sisi lain, keterlambatan ini tentu akan berdampak pada peluncuran AirPods.

“Apple melewatkan kesempatan yang sangat berharga saat iPhone terbaru diluncurkan. Dan mereka melewatkan kesempatan Black Friday, yang akan menambah pendapatan melalui toko.” kata Rubin. 

AirPods tetap akan menjadi barang yang populer Natal ini.

“Ini sesungguhnya barang yang kecil, mudah untuk dibeli secara online, mudah untuk dikirim.” tambah Rubin.

Chip Trouble


Apple hanya bungkam tentang sebab yang membuat keterlambatan AirPod diluncurkan, tapi ada kabar yang menghubungkan hal ini dengan W1 wireless chip yang baru di headphones. 

“Pasti ada masalah dengan pasokan mereka, dan saya yakin ini ada hubungannya dengan Apple W1,” kata Kevin Krewell, kepala analisis di Tirias Research. 

Jika benar masalahnya adalah hal tersebut, tapi bagaimana bisa Apple tetap mendistribusi Beats Solo 3 dan headphones Powerbeat 3 yang juga menggunakan chip tersebut. Namun X BT juga mengalami keterlambatan, dan mungkin tidak mencapai target sampai tahun depan.

“Mungkin Apple membutuhkan lebih banyak waktu untuk meningkatkan kualitas ketahanan battery mereka,” tambah Krewell di TeachNewsWorld.

Ketahanan battery adalah salah satu kelemahan yang telah mengurangi pemasaran produk yang sejenis dengan AirPods. 

“Tidak banyak produk seperti ini dipasaran, kebanyakan karena mereka mahal, mudah hilang, kualitas battery yang rendah, dan kualitas suara mereka yang tidak sebanding dengan harganya,” kata Enderle. “Kebanyakan orang juga memilih headphone, karena mereka memberi lebih banyak kelebihan diharga yang sama dan tentunya tidak mudah hilang.”

Sync Challenges


Beberapa mengatakan adanya masalah sinkronisasi karena keterlambatan ini. 
“Tersebar rumor jika AirPods hanya menerima sedikit sinyal,” kata Jeff Orr, director mobile devices di ABI Research. “Stereo effectnya tidak bekerja dengan baik.” 

Kebanyakan Bluetooth earbuds, sinyal dari perangkat ditransmisikan ke satu buds and ditransmisikan ke yang lain dengan koneksi kabel diantara mereka.
AirPods tidak memiliki kabel jadi sinyal terkirim ke masing-masing bud secara terpisah dan harus diterima secara serentak. Jika tidak maka tidak akan sinkron, hal ini yang membuat consumer terganggu. 
Jika akan masalah sinkronisasi dengan AirPods, masalah ini justru tidak dibahas di demo unit, ketika earphones ini diluncurkan. 

“Sulit untuk tau apa yang menyebabkan keterlambatan ini, dan saya tidak tau apa masalahnya,” kata Orr kepada TechNewsWorld.

More Than Music Buds

AirPods memberi lebih dari satu cara baru mendengarkan music, yang membuat kenapa Apple harus memastikan kualitas dari produk mereka sejak diluncurkan, pengamatan Ian Fogg, senior director di HIS Markit. 

“AirPods adalah salah satu bagian inovasi Apple untuk mobile phone,” katanya di TechNewsWorld.

“Ini bukan hanya Bluetooth headset yang kalian gunakan untuk mendengarkan music dan menjawab phone calls. Tidak hanya menghubungkan suara tapi juga berbicara jadi kalian bisa berinteraksi dengan jam tangan atau ponsel kalian tanpa harus menghubungkan atau memasangkan mereka lagi,” jelas Fogg. 

“AirPods adalah inovasi terbaru, dimana terdapat wireless audio technology dan voice control” ia menambahkan pada TechNewsWorld.

“Mereka tidak harus hebat, cukup bagus saja untuk menambah dampak pada smartphone,” lanjut Russel. “Apple EarPods tidak pernah menjadi earbud terbaik di pasaran, tapi design yang stylish, comfortable fit dan inline remote berdampak signifikan dimana saat itu yang menjadi iconic symbol untuk brand iPhone.”

Sumber : technewsworld